Sabtu, 30 Juli 2016

Tari Pa'gellu dan Tari Acak-Acak


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Tari Pa'gellu - Toraja)
________________________________________________________










___________________

Kata Pengantar
___________________

Begitulah macam tari di Nusantara ini diperbuat oleh
macam penarinya atau macam seniman tarinya. Ada yang
suka tetap mempertahankan yang aslinya, tetap dalam
gerakan aslinya.

Tapi ada juga yang suka merenovasinya yang mungkin
punya tujuan baik, yaitu agar tari tersebut lebih
kreatif, lebih menarik minat atau lebih sesuai dengan
perkembangan jaman.

Para kawan dimana-pun berada...!

MMenurut salah seorang mengamat Tari Toraja lewat
situsnya dengan alamat :

http://budayatoraya.blogspot.co.id/2013/07/tarian-pagellu.html

mengatakan :

krn bagi sy yg hidup di dunia "real" seni pertunjukan/ kesenimanan...
hati saya suka miris melihat Tari Pa'gellu kbanggaan SAYA pribadi
dan orang Toraja umumnya.. diacak2 oleh teman2 sesama seniman di
luar sana.....tetappi.. jgn salah ..tnyata "org dalam " pun tnyata
banyak yg suka acak2 tari Pagellu,krn mgkn ketidak tahuan mrk ttg Nilai
Artistik dan Filosofi yg ada di dalam Pa'gellu... boleh buat gerak-
gerak baru/ tari kreasi baru tapi jangan dikasih nama Pagellu,kasih
NAMA LAIN... mgkn bnyk "org kita" yg bpikir itu hanyalah sekedar
"tari" tdk lebih...dan tidak penting..

Kawan-kawan sekalian...!

ini artinya tak semua orang suka, tari tradisional itu dirubah
gerakannya, diacak-acak gerakan-nya, lari dari gerakan aslinya.

Bagaimana dengan anda para pembaca sekalian...?

Mana yang lebih anda sukai (Pilih)...?

a. Tari Tradisional itu tetap mempertahankan gerakan aslinya
b. Tari Tradisional beleh saja di kreasikan / diacak gerakannya
c. Dua-duanya boleh.

Berikut info sekitar Tari Pa'gellu - Toraja.

Selamat menyimak...!

__________________________________________

Sekilas info tentang Tari Pa'gellu
__________________________________________













Tari Pa'gellu

Kesenian tradisional, khususnya seni tari, sering ditampilkan
masyarakat Toraja saat menyelenggarakan upacara adat.

Suku Toraja menari untuk memperlihatkan perasaan mereka.
Dan jenis tarian yang dipilih tentunya disesuaikan dengan
makna dibalik tarian tersebut.

Misalnya dalam acara pemakaman, mereka menari sebagai ungkapan
rasa duka cita sekaligus untuk menghormati dan menyemangati
arwah almarhum yang dipercayai akan melakukan perjalanan
menuju akhirat.

Salah satu jenis tarian yang dipertunjukkan untuk mengekspresikan
rasa suka cita adalah Pa’Gellu’. Tarian ini biasanya dibawakan
oleh para remaja.









Mereka menari diiringi irama tabuhan gendang yang dimainkan empat
remaja putra. Para penari yang disebut dengan ma’toding ini
mengenakan busana serta aksesori berbahan emas dan perak, seperti
keris emas (sarapang bulawan), kandaure, sa’pi’ Ulu’, tali
tarrung, dan lain-lain.

Tarian Pa’Gellu sebenarnya melambangkan acara penyambutan terhadap
para patriot atau pahlawan yang kembali dari medan perang dengan
membawa kemenangan.








Tapi sekarang, tarian ini sudah sering dipertunjukkan pada upacara
kegembiraan lainnya, seperti pesta pernikahan, pesta syukuran di
musim panen, atau saat menyambut tamu kehormatan.

Saat tarian ini ditarikan, para penonton bisa menghampiri penari
untuk menyelipkan uang di antara hiasan yang dipakaikan di kepala
para penari. [TimIndonesiaExploride/IndonesiaKaya]


Sumber :
http://www.indonesiakaya.com/kanal/foto-detail/tari-pa-gelu
____________








Kenapa para Penari Pa'gellu harus jinjit selama magellu?

Rana Dase:

Seluruh "gerak tari" pada tarian Pa'gellu', dipicu oleh
Bunyian To Ma'lambuk Pare lan Issong Pandan ( Lesung Melintang ).
Inspirator dari tari Pa'gellu' ini bukanlah orang sadar yg
meliuk2kan tubuhnya saat mendengarkan bunyi Issong Pandan tsb,
melainkan To Maro ( Wanita Gila ). Jadi kajian kenapa "kaki
menjinjit" itu spontanitas.

Felix Maya:

Gellu' (sbg nama tarian) dlm pesta maro sebenarnya identik dgn
lemah lunglai sperti org skit (gelu'), makanya tarian "..gellu'..",
di zaman leluhur org toraja hanya ditarikn dlm upcara penyembuhan
org sakit .. (klo ndak slah nama upacaranya "maro" .. ma'gellu
klo tdk salah awalnya berasal dari pangala' (ditariakn pd psta bua'),
pa'gellu (sy ndak tau dari mana asalnya, tp klo ndak salah tarian
kemenangan.. gellu' bila diartikan sebagai tarian) dlm bahsa toraja
hanya diartikan sbg mengayunkan tangan dgn melentikkan jari serta
menggerakkan pergelangan tangan) .. makanya dlm beberapa jenis
tarian org toraja, ada yg tdk harus jinjit ..

.. penari yg berjijit biasanya cma pd perempuan .. model tarian
ini disebut dgn ma'gello-gello atw kume'lo-me'lo, katanya untuk
menghasilkan gerakan seperti meliuk-liuk

RaRa BuKu:

 Inspirasi munculnya Tari Pa'gellu terjadi di Karassik ( skrg
Kota Rantepao ) saat ada kegiatan To Ma'lambuk Issong Panda di
suatu acara Rambu Solo'.

Pada saat itu ada seorang Ibu Guru dari Pangngala' yg hdr dlm
Rambu Solo' itu dan melihat perilaku wanita gila ( maro ) ini
meliu'2kan tubuhnya, tangannya, dan kakinya yang meng-injit2,
mk terinspirasilah si Ibu Guru, dan lalu mengembangkannya menjadi
sebuah tarian yang diberinya nama Pa'gellu'. Ini murni seni tari,
tak ada unsur2 religi didlmx.. tabe'..

Desty Pongsikabe:

 Tarian Pa Gelu asal Pangala...tidak sembarang di tarikan seperti
sekarang...12 Gerak langkah Dasar, Masing masing Memiliki Magna
Teologis dan Spritual , Prosesing Penyembahan seiring Tertiupnya
angin, Ungkapan Syukur terasa saat Gerak Putaran Mata kaki menuju
Utara Mensyukuri Anugerah sang Pencipta seiring Bunyian Gandang
mewarnai Pasang surutnya Kehidupan...Bagi kami sangat melekat ..
Nilai nilai Spritualitas Alukta...

Pelita Hidup:

satu2nya"Seni Tari Religi Asli Toraja" adalah "Ma'tere", selebihnya
itu cocologi.com...!!!

Nona Palalangan:

Hasil penelitian saya kurang lebih sepuluh tahun lalu,,saya meneliti
da ujung Sangala di klan Puang Sombolinggi sampai ke klan Pongtiku
di tondon Pongtiku di Pangala bdasarkan data lapangan dan referensi
buku2 yang ada...

Tari Pagellu mmg awalnya ada di masing2 wilayah lembang di Tana Toraja..
tapi, bdasarkan triangulasi data mmg muncul nama Pangala..karena pada
waktu pentahbisan salah satu gereja di Barana diadakanlah festival
tari pagellu,(mnrtu informan saya di rantepao dan di sangala) dan
yang menang dan dianggap terbaik ( pada saat itu adalah gellu dari
pangala ) dan memang saat penelitian pun saya hanya mendapatkan data
lisan dan yg terpenting TERTULIS ttg susunan gerak/koreografi Gellu
Pangala bdasarkan nilai filosofi yg terkandung di dalamnya, thats the
point! yg saya sangat butuhkan utk skripsi sy di jurusan seni tari
pada waktu itu..nah..selanjutnya sampai skrg saya masih mjadi PENJAGA
tari kebanggaan kita ini,

krn bagi sy yg hidup di dunia "real" seni pertunjukan/ kesenimanan...
hati saya suka miris melihat Tari Pa'gellu kbanggaan SAYA pribadi
dan orang Toraja umumnya.. diacak2 oleh teman2 sesama seniman di
luar sana.....tetappi.. jgn salah ..tnyata "org dalam " pun tnyata
banyak yg suka acak2 tari Pagellu,krn mgkn ketidak tahuan mrk ttg Nilai
Artistik dan Filosofi yg ada di dalam Pa'gellu... boleh buat gerak-
gerak baru/ tari kreasi baru tapi jangan dikasih nama Pagellu,kasih
NAMA LAIN... mgkn bnyk "org kita" yg bpikir itu hanyalah sekedar
"tari" tdk lebih...dan tidak penting..

Sumber :
http://budayatoraya.blogspot.co.id/2013/07/tarian-pagellu.html

___________

Penutup
___________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

Dan ini kesimpulan penulis pada Tari Tradisional Indonesia
secara umum :

- Tari Tradisional Indonesia adalah Tari yang pada umumnya telah
  ada seratus tahun yang lalu.

- Tari ini ada, tidak-lah ada dengan sendirinya, tidak-lah ada
  karena suatu kebetulan. Tari ini ada karena suatu pemikiran
  pada keadaan sosial masyarakat pada masa itu

- Karena tari ini ada degan alasan tertentu, maka semua tari
  Tradisional punya filosofi-nya sendiri-sendiri.

Dengan demikian...!

- Merubah tari Tradisional sama artinya dengan merubah filosofi
  dari Tari itu sendiri.

Begitu-pun...!

- Hampir Tidak ada larangan, apalagi larangan yang pakai sanksi
  Hukum dalam merobah gerakan tari. karena itu tetap saja beleh
  dirobah, boleh di kreasikan.

Hanya sanya...!

- Masihkah pantas suatu tari "Ini" yang dirobah dari gerakan
  aslinya untuk tetap disebut sebagai tari "Ini". Bukan-kah
  lebih patas disebut sebagai tari "Itu".

Dengan kata lain...!

Tari Pa'gellu akan tetap disebut sebagai tari Pa'gellu, jika
gerakannya tetap menggunakan gerakan tari aslinya. Jika tidak
maka tari tersebut akan lebih pantas di sebut tari Acak-Acak.


"..tnyata "org dalam " pun tnyata banyak yg suka acak2 tari Pagellu,
krn mgkn ketidak tahuan mrk ttg Nilai Artistik dan Filosofi yg ada
di dalam Pa'gellu... boleh buat gerak-gerak baru/ tari kreasi baru
tapi jangan dikasih nama Pagellu,kasih NAMA LAIN... mgkn bnyk "org
kita" yg bpikir itu hanyalah sekedar "tari" tdk lebih...dan tidak
penting.." Kata Putra gorontalo.

Demikian para kawan...!

...dan...

Selamat malam...!

Oya...!

Para putri Gorontalo ini cantik-cantik juga-bah...!

Perlu ngak disampaikan Kirim Salam Cle'an pada mereka...?

a. Perlu-la pula
b. Tak perlu, sudah ada di rumah
c. Perlu kali-la









________________________________________________________________
Cat :
Filosofi Tari Pagellu, Toraja, Sanggar GGK - YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=cQeSPWU8xxg









Tidak ada komentar:

Posting Komentar